5 tips aman untuk mengatasi mendengkur


Tips Aman untuk Mengatasi Mendengkur

Tidur dengan mendengkur atau dalam dunia kedokteran disebut dengan sleep apnea menjadi satu aktivitas yang sering dianggap remeh padahal sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan dan diatasi. Mendengkur bisa mengakibatkan kualitas tidur menjadi terganggu karena adanya gangguan pernapasan yang membuat tidur menjadi kurang nyenyak dan kurang nyaman sehingga saat bangun malah justru membuat badan menjadi pegal dan kurang sehat.
Ada banyak sekali penyebab dari mendengkur mulai dari sakit tenggorokan, adanya kelainan pada hidung, posisi tidur yang kurang pas, mengkonsumsi minuman keras dan masih banyak lainnya. Mendengkur bisa saja dihindari dengan melakukan beberapa cara yang tentunya tidak berbahaya dan bisa menghasilkan efek yang maksimal.

Berikut Cara Mengatasi Mendengkur

Ubah Posisi Tidur
Bagi anda yang biasanya tidak mendengkur kemudian tiba-tiba terasa mendengkur bisa dideteksi jika hal ni dikarenakan posisi tidur yang salah. Posisi tidur memang sangat mempengaruhi tentang kualitas tidur dan bahkan bisa menjadi salah satu penyebab mendengkur. Menurut para penelitia, posisi tidur dengan cara terlentang merupakan posisi yang aling sering mengakibatkan mendengkur.
Sebaiknya ketika tidur dan terasa mendengkur ada baiknya untuk segera mengambil posisi tidur dengan posisi menyamping. Hal ini dikarenakan ketika tubuh tidur dengan cara telentang ada bagian tubuh yang menjadi penghalang pada jalan napas. Sebelum tidur usahakan untuk mengambil posisi tidur menyamping supaya tubuh tidak mengalami mengorok dan bisa tidur dengan berkualitas dan memuat anda bisa bangun lebih segar lagi.

Atur Jadwal Tidur

Sangat penting bagi tubuh untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan juga istirahat yang cukup. Jadwal tidur yang kurang teratur dan tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat akan membuat tubuh dengan cepat untuk mendengkur. Atur ulang dan jadwalkan secara teratur waktu tidur yang pas dan cukup untuk tubuh bisa beristirahat dengan baik dan cukup.
Tidur yang terjadwal akan membuat seseorang bisa mendapatkan waktu tidur yang konstan dan sama secara terus menerus. Paling tidak dengan mendapatkan waktu istirahat yang cukup terutama untuk tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari akan membuat seseorang mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan meminimalkan dari risiko mendengkur.

Perhatikan Berat Badan
Salah satu penyebab dari mendengkur adalah dikarenakan berat badan yang terlalu berlebih. Orang yang mengalami kelebihan berat badan terutama yang sudah mengalami obesitas juga memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami mendengkur ketika tidur. Hal ini dikarenakan, berat badan yang terlalu berlebih menyebabkan adanya lemak yang bersarang pada leher dimana lemak ini kemudian menekan dan menyumbat tenggorokan.

Menjaga Kebersihan Kamar dan Bantal
Mendengkur juga bisa saja dikarenakan efek alergi pada debu ataupun sesuatu yang belum anda sadari. Bantal ataupun tempat tidur yang kotor juga bisa menyebabkan mendengkur pada sebagian orang yang dikarenakan iritasi pada debu. Iritasi ataupun alergi debu ini bisa menimbulkan penyepitan pada saluran pernapasan dan juga terjadinya pembengkakan pada tenggorokan sehingga seseorang menjadi lebih mudah untuk mendengkur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 tips aman untuk mengatasi mendengkur"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.