Perbedaan Dan Persamaan Antara Motor Grasstrack Dan Motorcross
Perbedaan Dan Persamaan Antara Motor Grasstrack Dan Motorcross
Perbedaan
Motorcross dan Grasstrack
Motocross
Ajang balap motocross biasanya menggunakan motor jenis special engine (SE), ini adalah motor offroad dengan spesifikasi hanya dipakai di lintasan balap bukan untuk di luar sirkuit. Semua bagian pada motor didesain dengan sangat simpel, bahkan fitur-fitur yang tak lagi diperlukan harus dilepas. Maka jangan heran jika mendekati motor balap motocross tak lagi ditemukan indikator kecepatan, rpm, lampu depan hingga lampu rem dan sein.
Ajang balap motocross biasanya menggunakan motor jenis special engine (SE), ini adalah motor offroad dengan spesifikasi hanya dipakai di lintasan balap bukan untuk di luar sirkuit. Semua bagian pada motor didesain dengan sangat simpel, bahkan fitur-fitur yang tak lagi diperlukan harus dilepas. Maka jangan heran jika mendekati motor balap motocross tak lagi ditemukan indikator kecepatan, rpm, lampu depan hingga lampu rem dan sein.
Spesifikasi
motor balap motocross juga memiliki suspensi yang didesain dengan travel
panjang untuk keperluan jumping. Selain itu, ukuran ring ban juga besar. Hal
ini bertujuan untuk sisi keamanan saat motor harus melibas trek yang penuh
obstacle dan unpredictable. Biasanya ban depan berukuran 21inci dan belakang
19inci.
"Mesin
pada motor balap motocross juga didesain mengutamakan akselerasi untuk putaran
bawah bukan untuk putaran atas atau nafas panjang," jelas Ari Anggoro,
crosser senior yang sudah malang melintang di berbagai ajang balap garuk tanah
di Indonesia.
Grasstrack
Sementara grasstrack merupakan jenis olahraga balap motor di lintasan offroad. Motor balap yang digunakan adalah yang dijual bebas di pasaran. Untuk bisa digunakan di ajang balap grasstrack, maka motor tersebut harus dilakukan modifikasi ulang di berbagai bagian, sehingga layak dan aman untuk balap.
"Modifikasi
untuk motor yang digunakan di ajang grasstrack biasanya dilakukan pada seputar
suspensi dan tentunya mesin. Untuk jenis motor tertentu juga dilakukan modifikasi
pada rangka. Ban dan velg sudah pasti juga harus diganti," sambung Ari
yang sering kali mendesain sirkuit balap motocross.
Dari
segi perlombaan, motocross dan grasstrack ternyata juga memiliki perbedaan.
Balapan motocross dijalankan berdasarkan hitungan menit bukan jumlah lap.
Sedangkan grasstrack menggunakan jumlah lap sebagai acuan untuk pengibaran
bendera finish. Jumlah lap bervariasi, tergantung kelas perlombaan dan panjang
sirkuit yang digunakan.
Nama
kelas yang digunakan antara motocross dan grasstrack juga berbeda. Motocross
penamaan kelas berdasarkan kapasitas mesin atau cc. Lain halnya dengan
grasstrack yang berdasarkan jenis motor, misalnya bebek standar, bebek modif,
sport, FFA dan lain sebagainya.
"Biasanya
ajang balap motocross untuk Kelas MX2 berlangsung selama 30menit plus 2 lap.
Lalu untuk kelas di bawahnya waktunya semakin pendek sesuai kelas dan kapasitas
mesin. Di beberapa negara di Asia dan Inggris grasstrack juga ada,"
pungkas Ari. Di Indonesia sendiri, kedua jenis balapan ini masuk dalam agenda
Kejuaraan Nasional (Kejurnas).
Persamaan motorcross dan
grasstrack
1.
Memiliki
kompetensi balapan yang relatif menantang 2. Membutuhkan mesin yang kuat dan bertenaga
3. Sama-sama perlu anggota team untuk memodifikasi motor
4. Sama sama offroad di lintasan tanah, lumpur dan rumput
5. Pembalap-pembalap yang hebat
6. Disponsori dengan motor dengan brand yang terkemuka