Wanita Paruh Baya Tak Butuh Bercinta

Hanya Mitos: Wanita Paruh Baya Tak Butuh Bercinta  Siapa bilang wanita yang telah mengalami menopause tak membutuhkan hubungan intim. Menurut sebuah penelitian, kebanyakan wanita tetap aktif secara seksual ketika mereka memasuki usia paruh baya. Bahkan jika mereka didiagnosis mengalmai disfungsi seksual sekalipun.

"Persepsi publik yang populer adalah bahwa seiring usia wanita, seks menjadi tidak penting, dan bahwa wanita berhenti melakukan hubungan seks sama sekali pada usia tertentu," kata salah seorang peneliti, Holly Thomas, kepada Reuters Health. "Penelitian kami justru membuktikan sebaliknya. Kebanyakan wanita terus melakukan hubungan seks walau usianya sudah menginjak setengah baya."

Menurut profesor di University of Pittsburgh Medical Center ini, label bahwa ketika seorang wanita memasuki usia menopouse mengalami disfungsional adalah sangat merugikan dan tak berdasar.

Selama penelitian, mereka menggunakan tes yang disebut Indeks Fungsi Seksual Perempuan untuk mendiagnosis masalah seksual responden. Indeks ini mencakup 19 pertanyaan tentang gairah, orgasme, pelumasan vagina, dan nyeri saat berhubungan seksual.

Studi dilakukan dalam rentang lima tahun terhadap 354 wanita yang telah berusia di atas 50 tahun. Mereka akan menjalani tes yang sama empat tahun kemudian.

Hasilnya, lebih dari 85 persen perempuan melaporkan bahwa mereka tetap aktif secara seksual ketika mereka mengambil tes yang sama untuk kedua kalinya. Responden tertua berusia 73 tahun.

Ras, berat badan, status hubungan, dan seberapa penting seks di mata perempuan adalah prediktor yang paling penting dari aktivitas seksual mereka, demikian menurut temuan yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine ini. Wanita yang menilai seks itu penting tiga kali lebih mungkin untuk tetap aktif secara seksual dibanding wanita yang menganggapnya tak penting, kata Thomas. Penelitian juga membuktikan wanita kulit putih dan yang bertubuh ramping lebih mungkin untuk tetap aktif secara seksual.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, fungsi seksual wanita yang mengalami obesitas mungkin kembali setelah operasi bariatrik dan penurunan berat badan yang signifikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wanita Paruh Baya Tak Butuh Bercinta "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.