Tips Memodifikasi Motor Grasstrack Dari Motor Ninja R-150 Kawasaki
Tips Memodifikasi Motor Grasstrack Dari Motor Ninja R-150 Kawasaki
Dikutip
dari otomotifnet.com bahwa ada motor grastrack yang pada dasarnya sasist dari
motor ninja R 150, pastinya kalian penasaran bukan para pecinta
motorgrasstrack. Dan saya yakin tenaganya pastinya luar biasa. Di solo gerai
dan bengkel ORF (Orlando Racing Factory) di gentan sukoharjo milik Deny Orlando sering menerima order modifikasi motor grasstrack.
Ordernya tak hanya datang Jawa Tengah saja, namun juga luar Jawa sob.
Basicnya Kawasaki Ninja R150.. “Modifikasi motor
begitu buat gas pol di grasstrack kelas FFA open,” bilang Kusyulianto, mekanik
andalan ORF yang bertugas merancang motor tersebut sampai jadi.
Modifikasi Rangka Mesti Diperkuat.
Modifikasi motor buat grasstrack butuh kontruksi
rangka yang kuat. Usah heran rangka mesti dimodifikasi. Namun menurutnya yang
pertama jangan melenceng dari regulasi. “Artinya kerangka utama milik Ninja
R150. Namun mesti dikuatkan pada beberapa lini,” kata Londo yakin.
Maksudnya, diantaranya komstir asli bawaan motor
diganti lebih gede. Ini karena pada bagian itu akan ditanam sokbreker USD
copotan motor special engine. Bila dipaksakan pakai komstir asli bakalan enggak
kuat. Pun aplikasi titik komstir juga enggak sembarangan. Butuh sudut rake yang
pas buat motor kompestisi garuk tanah.
Beruntung ORF memiliki alat khusus yang dibuat
sendiri. Yakni alat yang digunakan untuk ngemal sudut rake komstir dan seting
swing arm belakang. “Alat ini mempermudah mengerjakan setingan sokbreker depan,
sudut kemiringan monosok dan swingram,” ujar Londo.
Begini
nih bikin motor grasstrak dari kawasaki ninja r150
Setelah pas sudut rake nya, bagian rangka penopang
komstir diperkuat dengan plat besi tambahan. Lalu rangka dudukan mesin sampai
downtube juga diperkuat. Bisa langsung memperkuat dengan menambah plat, atau
merancang ulang sesuai rangka asli Ninja.
Bagian belakang biasanya ditambah sub frame yang
dicopot dari motor SE. Sub frame ini biasanya alumunium, bobotnya ringan.
Begini
nih bikin motor grasstrak dari Kawasaki Ninja R150
Pilihannya beragam, sama seperti kalau memilih baju
atau panel bodi yang mau dipasang. Bisa pakai KTM SX250, Honda CRF250, Kawasaki
KXF250 dan lainnya. Tangki dibuat dari bahan plat galvanis yang siap diisi
sekitar 6 liter bahan bakar.
“Intinya rangka utama atau rangka tengah bisa
dimodifikasi namun jangan diubah bentuk. Mesti sama dengan rangka bawaan Ninja
150 deh,” yakin Londo.
Kaki-kaki Copotan SE
Karena buat dihajar di trek ekstrem kaki-kaki
dipilih copotan motor special engine (se). Tujuannya ampuh meredam lintasan
keriting. Pilihannya beragam. Bisa pakai KTM, Kawasaki KXF, Honda CRF dan
lainnya.
begini
nih bikin motor grasstrak dari Kawasaki Ninja R150
Biasanya satu set dan selabel. Jadi USD, sekalian
swing arm dan monosok. “Nyetingnya ya pakai alat mal itu tadi. Kenapa percaya
pakai copotan SE, kaitannya dengan posisi riding mirip motor se. Memudahkan
handling, manufer di lintasan,” terang Londo yang mukim di Griya Fajar Gentan
Sukoharjo.
Model rangka (frame) Rakitan yang dibuat oleh ahli dalam jasa pembuatan rangka
mulai dai rangka grasstrack, rangka trail, rangka mini moto grasstrack, rangka
trail moto cross, enduro dan lain sebagainya, sebenarnya jika kita melihat
model rangka grasstrack rakitan pada tahun 2014 kebelakang untuk modif rangka
motor grasstrack kususnya modif bebek standar, tidak memliki ciri khas dan juga
tidak terlalu populer seperti pada tahun 2014- 2015 yang terkenal dengan
sebutan rangka bebek jawa, agan juga mungkin sering terdengar ditelinga, saya
rasa cukup menjadi perhatian berbagai para pecinta motor grasstrack, adventure
hingga sampai sekarang. prediksi rangka grasstrack taun 2017 masih tetap
gunakan modif bebek jawa.